Penelitian Tindakan Kelas
Dalam Dunia Pendidikan tentu banyak aspek yang perlu perlu diperhatikan oleh para pendidik dalam melakukan/melaksanakan proses pembelajaran dalam suatu kegiatan pembelajaran. Perkembangan dunia pendidikan yang diatur dalam sistem yang bersifat harus dan menyesuaikan dengan ketetapan yang disahkan oleh Penentu kebijakan pendidikan.
Pelaku pendidikan alias tenaga pendidik adalah tenaga kerja yang telah memenuhi syarat sesuai dengan standar yang diberlakukan dalam dunia pendidikan tertentu, dan seolah-olah seperti robot hidup yang didesain sedemikian rupa untuk menyukseskan suatu formula/program yang bersifat nasional.
Banyak keluhan/permasalahan yang dihadapi oleh para pendidik dalam melaksanakan misinya untuk mencapai tujuan akhir yang diharafkan oleh penentu kebijakan tersebut, namun hal itu enggan saja dilalui oleh para pendidik, entah peduli atau tak peduli, yang penting bayarannya jalan terus. seperti itulah kira-kira kesimpulan yang saya perhatikan untuk didaerah ini.
Enggannya kepedulian tersebut tentu dipengaruhi oleh banyak faktor, baik ektern maupun intern pada individu pelaku pendidikan.
Sebagai tenaga pendidik seyogyanya membukukan setiap agenda permasalahan yang terjadi, apalagi pada suatu kelas yang merupakan objek pembelajaran yang dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan.
Penelitian Tindakan kelas telah dilaksanakan oleh setiap insan pelaku pendidikan, hanya saja tidak tersusun/terprogram sehingga tidak ada penyelesaikan dan tindak lanjut yang mengarah pada kesimpulan penyelesaian masalah kelas tersebut.
PTK dilaksanakan melalui tahapan dalam setiap siklus :
1. Planning
2. Observasi
3. Klasipikasi permasalahan
4. Penyelesaian masalah
5. Kesimpulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar